Nutanix Cloud Platform Sebagai Jawaban untuk Transformasi Digital dan Analitik Data Bisnis

Transformasi digital dan analitik data kini telah menjadi esensial bagi bisnis untuk tetap kompetitif di pasar saat ini. Melalui wawasan dari analitik data yang diterapkan di seluruh aspek bisnis, perusahaan dapat menjadi lebih berbasis data, memperoleh keunggulan kompetitif, meningkatkan pengalaman pelanggan, menghasilkan hasil bisnis yang positif, dan mengurangi risiko melalui wawasan yang dapat dijalankan. Namun, mengimplementasikan transformasi digital dan analitik data bisa menjadi tantangan, terutama dalam mengelola dan menyatukan operasi di awan publik dan pribadi.


Inilah kelebihan dari Nutanix Cloud Platform. Platform ini menawarkan layanan multi-cloud untuk aplikasi dan data, memungkinkan bisnis untuk menyatukan operasi di awan publik dan pribadi. Dengan Nutanix, perusahaan dapat mengamankan dan mengotomatiskan aplikasi, mengorkestrasi dan menyebarkan aplikasi dengan cepat, dan membangun aplikasi native cloud. Selain itu, platform ini memungkinkan bisnis untuk memodernisasi infrastruktur IT mereka dengan infrastruktur native cloud dan awan pribadi.

Keuntungan utama dari Nutanix Cloud Platform adalah kemampuannya untuk menyederhanakan dan menyatukan operasi di awan publik dan pribadi. Platform ini memanfaatkan arsitektur web-scale, menyediakan data plane terdistribusi dan desain berpusat pada pengguna untuk manajemen control plane platform dan DBaaS. Ini menyederhanakan operasi database, mengurangi biaya, dan memastikan kepatuhan keamanan. Layanan otomatisasi pengelolaan database juga ditawarkan, termasuk penyediaan, pembaruan, upgrade, pembaruan, cadangan, dan kloning, mengurangi risiko downtime serta biaya dukungan dan pemeliharaan lisensi.


Di sisi lain, sistem SAN tradisional dapat menjadi tantangan untuk dikelola dan dipelihara. Memerlukan keahlian khusus, membuat bisnis kesulitan mengelola infrastruktur mereka dengan efektif. SAN juga memiliki skalabilitas yang terbatas, membuat bisnis kesulitan mengikuti tuntutan aplikasi dan data yang terus berkembang. Belum lagi, sistem SAN bisa menjadi mahal, memerlukan biaya awal yang signifikan dan biaya pemeliharaan yang berkelanjutan.

Sebagai kontras, Nutanix Cloud Platform menawarkan integrasi komputasi, penyimpanan, virtualisasi, jaringan, dan keamanan, menyederhanakan manajemen infrastruktur dan mengurangi biaya. Platform ini mendukung virtualisasi dan kontainer, termasuk AHV, ESXi, Hyper-V, dan K8s, memberikan pilihan dan fleksibilitas penerapan bagi bisnis. Selain itu, platform ini menawarkan operasi IT cerdas, otomatisasi aplikasi, kontinuitas bisnis, pemulihan bencana, dan perlindungan data.


Sebagai kesimpulan, transformasi digital dan analitik data telah menjadi penting bagi bisnis untuk tetap kompetitif. Meskipun demikian, penerapan teknologi ini bisa menjadi tantangan, terutama dalam hal mengelola operasi di awan publik dan pribadi. Nutanix Cloud Platform hadir untuk memudahkan dan menyatukan operasi ini, menawarkan layanan multi-cloud, memodernisasi infrastruktur IT, dan otomatisasi manajemen database. Di sisi lain, sistem SAN tradisional memiliki tantangan dan biaya sendiri. Dengan memanfaatkan Nutanix Cloud Platform, bisnis dapat menyederhanakan manajemen infrastrukturnya, mengurangi biaya, dan beroperasi dengan efisien.

Sumber: Presentasi Nutanix Enhance, Protect & Simplified your Digital Platform

Sign in to leave a comment
Cat 6A: Teknologi Kabel Tembaga yang Terus Berkembang