Mengapa Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) Semakin Berkembang Pesat?
Seiring dengan Semakin Banyaknya Aplikasi Berbasis Artificial Intelligence

Banyak yang saat ini bertanya mengapa semakin banyak aplikasi dengan kemampuan hebat, hasil dari penggunaan teknologi Artificial Intelligence. Mengapa perkembangan ini sangat berbeda dengan satu dekade lalu. Mengapa penggunaan kecerdasan buatan (AI) kini semakin marak dan semakin berkembang?

  
Ada beberapa hal yang membuat penggunaan kecerdasan buatan (AI) semakin berkembang, tersebar di seluruh dunia, dan cepat dalam satu dekade terakhir dibandingkan dengan satu dekade sebelumnya:


Pertama, teknologi berkembang pesat. Kemajuan ini mencakup peningkatan kecepatan komputasi, ketersediaan algoritma AI yang lebih canggih, dan kemampuan untuk mengumpulkan dan menganalisis data dalam jumlah besar.


Kedua, data tersedia lebih banyak. Dalam satu dekade terakhir, terjadi peningkatan yang signifikan dalam jumlah data yang tersedia. Hal ini memungkinkan pengembang AI untuk melatih model mereka pada jumlah data yang lebih besar dan lebih beragam, sehingga meningkatkan kualitas dari model AI.



Ketiga, biaya pengembangan dan implementasi AI telah menurun dalam satu dekade terakhir. Hal ini membuat lebih banyak perusahaan dan individu dapat menggunakan teknologi AI.

Keempat, kesadaran tentang manfaat AI dan kemampuan teknologi ini untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis semakin meningkat. Ini mendorong lebih banyak organisasi untuk mengadopsi teknologi AI.


Kelima, ada peningkatan regulasi tentang penggunaan AI dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini membantu organisasi memahami aturan dan batasan penggunaan teknologi ini.

Secara keseluruhan, faktor-faktor seperti kemajuan teknologi, ketersediaan data yang lebih banyak, biaya pengembangan yang lebih rendah, kesadaran yang semakin meningkat, dan regulasi yang lebih jelas semuanya mempengaruhi penggunaan AI yang semakin berkembang, tersebar di seluruh dunia, dan cepat dalam satu dekade terakhir. (JB)

Sign in to leave a comment
Memprediksi Cuaca dan Iklim Menggunakan Machine Learning